Masa Kejayaan Blogger Mungkin Akan Punah

He-he, walaupun blog ini memakai layanan blogger. Tapi tidak ada salahnya kan kalau saya membahas topik  ini. Jangan marah yah mbah blogger. ^_^

Anda punya blog blogger? 
Kalau punya coba anda renungkan sejenak bagaimana fitur yang disediakan oleh blogger. Apakah membatasi kreatifitas anda atau malah memudahkan? Apakah anda sudah puas dengan layanan yang diberikan blogger? Kalau sudah puas mungkin anda baru menggunakan sedikit fitur yang disediakan blogger.

Untuk orang-orang yang sudah menggunakan seluruh fitur yang disediakan blogger, mungkin ada rasa kurang
puas dan ingin mendapat lebih. Yah, namanya manusia. Selalu tidak puas dan ingin mendapatkan lebih. He-he.

Kalau begitu coba lihat fenomena trend internet sekarang! Sekarang ini telah marak beredar hosting-hosting gratisan yang menawarkan  kapasitas memori yang besar dan bandwith yang spektakuler. Bahkan beberapa penyedia hosting menawarkan hadiah menarik untuk orang yang ingin bergabung dengan program affiliasinya.

Hal itu tentu bisa mengancam keselamatan layanan blogger milik Google. Apalagi sekarang mulai berkembang CMS open source seperti Joomla dan Wordpress. Dimana tampilan desain website kita lebih mudah dikembangkan dengan kehadiran CMS.

Memang, blogger masih punya pangsa pasarnya sendiri. Yaitu para pemula yang masih awam tentang website. Namun dengan semakin user friendly-nya CMS (mudah digunakan), blogger mungkin dalam waktu dekat ini harus berbenah diri.

Kekurangan blogger sebagai media penyampaian informasi adalah kurang masksimalnya optimalisasi desain. Anda punya blog blogger? Bagaimana kalau anda ingin mengganti desain atau setidaknya merubah sedikit tampilan desain yang sudah ada? Mau tidak mau anda harus merombak kode XML dari template tersebut. Kalaupun bisa dilakukan lewat editor yang sediakan blogger, tidak semua elemen bisa dirubah.

Berbeda dengan website yang punya hostingan sendiri. Anda bebas menentukan CMS yang disukai. Sehingga website yang anda bangun bisa multi fungsi, tidak seperti blog yang hanya sekedar menyampaikan informasi saja. Anda bisa membentuk website anda seperti toko online, komunitas, atau portal berita. Yah, semua bisa dilakukan dengan mudah dengan CMS. 

Mungkin banyak pemula yang bertanya apakah belajar CMS itu sulit? Saya akan menjawab belajar CMS itu semakin hari akan semakin mudah. Selain CMS itu sendiri yang berinovasi membuat layanannya semakin mudah digunakan, telah banyak beredar pula buku-buku panduan yang membahas tentang CMS. Salah satunya yah buku saya yang satu ini,
HE-he.....

Kreatif Membuat Website Profesional
Sudah tersedia di seluruh toko buku Indonesia.
^_^

Yah, sekarang anda dapat dengan mudah belajar CMS karena sudah banyak referensi yang menyediakannya. Sehingga para pemula pun dapat dengan mudah mendapatkan berbagai informasi tentang CMS. Anda yang masih awam tentang CMS pun jangan ragu untuk mulai belajar dan jangan takut tidak dapat mempelajarinya. Karena sekarang telah banyak CMS yang user friendly.

Dari kaca mata saya sebagai pengamat (sok iye,, :p), untuk saat ini layanan blogger dari google masih punya kelebihan untuk memikat para pemula dengan kemudahannya mengelola konten. Namun hal itu tidak akan bertahan lama, sebab CMS pun semakin hari kian berkembang.

Sekarang tinggal pilihan anda yang pemula untuk menentukan, kedua layanan saat ini masih punya kelebihannya masing-masing. Kalau saya pribadi sih lebih baik menutup artikel ini dan merenungkan apa yang baru saja dibaca. ^_^

Terima kasih telah membaca, semoga wawasan anda bertambah


0 comments:

Blogger Template by Kerendi Developers