Tags

Cara Membaca Spesifikasi Laptop

Pada artikel sebelumnya, telah saya terangkan bagaimana menentukan jenis laptop yang sesuai untuk kebutuhan anda. Bagi anda yang baru melihat, silahkan baca artikel saya sebelumnya.

Setelah anda tahu jenis kebutuhan dan telah menentukan jenis laptop yang ingin dibeli, selanjutnya adalah bagaimana menentukan spesifikasi yang tepat untuk kebutuhan anda. Tentu sebelumnya anda harus mengerti sedikit tentang hal teknis.

Banyak orang yang menganggap jika membeli laptop, hanya melirik dari merknya saja. Mereka menganggap bila mereknya terkenal maka sudah pasti spesifikasinya bagus. Padahal
hampir tidak semua begitu. Inilah kesalahan banyak orang dalam membeli laptop. Merek yang terkenal belum tentu spesifikasi yang di tawarkan cocok untuk anda. Jadi sebelum membeli, penting sekali anda melihat spesifikasi laptop tersebut apakah sesuai dengan kebutuhan anda.

Apakah membaca spesifikasi membutuhkan pengetahuan teknis? Yah itu benar. Tetapi anda tidak perlu menjadi seorang teknisi untuk mengerti spesifikasi dari sebuah laptop. Orang awam sebenarnya juga bisa menentukan spesiifikasi laptop yang cocok untuk kebutuhan mereka. Tak perlu membutuhkan pengetahuan teknis yang mendalam. Untuk anda yang pemula, saya akan beri tahu cara membacanya. Berikut adalah contoh spesifikasi laptop :
ProcessorIntel Core i3-2310M Processor (2.10 GHz, Cache 3M)
Sistem OperasiMicrosoft Windows 7 Home Premium
RAM2 GB DDR3 SODIMM PC-10600
ChipsetIntel HM65
Hard Drive500 GB (SATA)
OpticalDVD±RW
Display13.3 HD Clear SuperView LED Backlight Display
Video CardnVidia GeForce 315M – 1GB
WiFiIEEE 802.11b, IEEE 802.11g, IEEE 802.11n
Pengertian dari spesifikasi diatas adalah seperti berikut :

  • Processor adalah otak dari sebuah komputer/laptop. Inilah spesifikasi yang paling penting dan yang paling pertama harus anda lihat. Pada contoh diatas tertulis  Intel Core i3-2310M. artinya prosesor tersebut bermerek intel dengan seri core i3-2310m. Selain intel, dipasaran adapula prosesor yang bermerek AMD. Mana yang lebih bagus? Semua punya kelebihan masing-masing. Namun sekarang ini bisa dibilang intel yang memimpin pasar prosesor. Karena mereka mempunyai kelebihan produk yakni intel tidak cepat panas. Namun bila budget anda terbatas dan tidak sering menggunakan laptop dalam waktu lama, memilih prosesor AMD merupakan hal yang bijak.  Core i3 adalah prosesor seri terbaru intel pada saat artikel ini dibuat. Seri i ada 3 macam, yakni i3, i5, dan i7. 2310m artinya prosesor tersebut menggunakan arsitektur sandy bridge. Anda yang awam tak perlu terlalu memperhatikan kode tersebut (karena tidak terlalu penting). Selanjutnya ini adalah tulisan yang penting anda lihat,  2.10 GHz, Cache 3M.  Maaf saya tidak bisa lebih banyak menerangkan karena keterbatasan ruangan ^_^ . Intinya semakin tinggi kedua angka tersebut, semakin cepat pula kinerja prosesor. 
  • Sistem operasi (saya singkat OS), adalah spesifikasi software yang tertanam dalam laptop. Orang-orang sekarang mengenal OS yah hanya satu, windows. Ada laptop yang sudah ditanam OS dari pabriknya. Ada juga laptop yang belum dipasang OS atau istilahnya non-os. Harga untuk laptop non-os cenderung lebih murah daripada yang sudah terdapat OSnya. Untuk anda yang masih awam saya sarankan melihat apakah laptop yang ingin dibeli sudah tertanam OS atau belum (bhasa gptek : tanya aja udah ada windowsnya atau belum?). Lebih baik anda membeli laptop yang sudah tertanam OS dari pabriknya sehingga lebih terjamin Originalitasnya. Untuk OSnya saat artikel ini di tulis lebih baik anda memilih yang sudah windows 7 (tapi kalau disaat anda membeli sudah dirilis windows 8, lebih baik pilih itu ^_^).
  • RAM adalah memori untuk menyimpan data sementara. Contoh diatas tertulis  2 GB DDR3 SODIMM PC-10600 . Huruf yang saya cetak tebal adalah hal yang perlu anda perhatikan saat membeli. 2GB artinya adalah kapasitas penampung memori sementaranya. Saat artikel ini dibuat, bila anda membeli notebook lebih baik memilih minimal berkapasitas 4GB. Untuk netbook rata-rata 2GB juga sudah cukup. DDR3 adalah spesifikasi modul yang digunakan. Untuk anda yang awam tak usah terlalu mempermasalahkan spesifikasi modulnya. Yang penting sudah DDR3 semua beres, hehe.  Yah intinya semakin tinggi angka kapasitas memorinya, semakin bagus jadinya.
  • Chipshet adalah sekumpulan chip yang berfungsi mengatur jalur komunikasi antara Procecor dan motherboard (~_~, kalau bahasanya terlalu teknis anda bisa melewatkan bagian ini, karena tidak terlalu penting juga).
  • Hard Drive, adalah media penyimpanan data. Ini juga bagian yang perlu anda pertimbangkan. Pada contoh diatas tertulis  500 GB (SATA). Bagian yang saya cetak tebal adalah adalah hal penting yang perlu anda perhatikan. Gampangnya semakin tinggi angkanya, semakin banyak pula data pada laptop yang bisa disimpan. Sedangkan SATA adalah jenis interface transfer data media penyimpanan (anda cukup tahu saja, yang penting sudah SATA, ^_^). Yang penting semakin tinggi angkanya, semakin bagus.
  • Optical, adalah tempat untuk memutar DVD. Untuk anda yang membeli notebook, untuk anda yang ingin membeli netbook. bisa melewatkan bagian ini. Optical adalah spesifikasi yang cukup anda perhatikan. Pada contoh diatas tertulis  DVD±RW. DVD artinya optical tersebut bisa membaca kepingan DVD dan RW artinya optical tersebut bisa melakukan aksi baca-tulis pada DVD yang dimasukan. Pada zaman tulisan ini dibuat, sudah ada optical drive yang bisa membaca kepingan blue-ray. Kalau bisa anda yang ingin membeli notebook, cari optical yang sudah bisa membaca blue-ray.
  • Display, rasanya tidak terlalu penting. kita lanjut saja yah. (capek ngetik.)
  • Video card, atau  bahasa yang sering diucapkan adalah VGA Card. Anda cukup bilang VGA saja kepada penjual laptop, mereka rata-rata pasti sudah mengerti. Apa itu VGA? Nah, ini adalah bagian favorit saya. Namun hanya untuk anda yang ingin membeli laptop untuk kebutuhan Gaming, Cad, dan Multimedia tingkat tinggi. Ini adalah spesifikasi super penting. Bahkan menurut saya, lebih pertama dilihat daripada prosesor. Sebab VGA adalah sebuah alat untuk menampilkan gambar kelayar monitor. Semakin bagus suatu VGA, semakin bagus pula kualitas gambar yang dihasilkan. Pada contoh diatas tertulis   nVidia GeForce 315M – 1GB. nVidia adalah merek dari sebuah VGA. Ada dua merek yang cukup terkenal, yakni nVdia dan ati Raedon. Mana yang lebih bagus? Bukan masalah merek, tapi tergantung spesifikasinya. Untuk spesifikasi VGA, saya tidak bisa memberi penjelasan detail disini. Yang penting sekarang anda melihat kapastias memori VGA tersebut.                                       Yang mana? yang saya cetak tebal berikut ini,  nVidia GeForce 315M – 1GB. Itu adalah kapasitas memori VGA, semakin besar biasanya semakin bagus pula. Walaupun ada faktor lain yang menentukan bagus atau tidaknya, untuk pemula disarankan melihat berdasarkan kapasitas memorinya saja.
Itulah cara membaca spesifikasi dari sebuah laptop. Satu hal yang perlu diperhatikan. Jangan memilih laptop berdasarkan merek, tapi pilihlah spesifikasi yang tepat untuk kebutuhan anda. Hapuskan dari pikiran anda tentang brand mind. Itu berbahaya... ^_^

Oke, maaf sudah membuat mata anda pegal. Semoga tips informasi yang saya berikan bermanfaat untuk anda. 

82 comments:

  1. Ngomong apa sih?

    ReplyDelete
  2. Saya menjelaskan bagaimana cara memilih laptop berdasarkan spesifikasi yang tepat.

    Anda tidak akan mengerti karena ini artikel berseri, silahkan anda melihat artikel saya sebelumnya yang berjudul

    "Panduan membeli laptop, biar ga nyesel"

    Semoga anda mengerti,
    terima kasih
    ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuuuh... detail amat..
      Makasih banyak gan, cayo terus ya buat blognya... :)

      Pusat Service Laptop & Komputer

      Delete
  3. kalo dah punya laptop, mau ditambah spesifikasinya bisa gak ya?

    ReplyDelete
  4. Untuk patin sukandar,
    Rata-rata spesifikasi laptop diatas sudah onboard (artinya sudah menyatu). Jadi tidak semua komponen bisa diganti

    Komponen yang bisa ditambah spesifikasinya untuk laptop sekarang adalah RAM dan Hardisk saja.

    Berdoa saja semoga kedepan ada produsen laptop yang berinovasi menjalankan saran anda.
    ^_^

    ReplyDelete
  5. .
    Upgrade Komputer dari dulu hanya terbatas pada prosesor, Ram, VGA Card, dan Hard disk.

    Sedangkan mengganti mainboard kurang efisien karena bisa mengganti komponen lain yg berhubungan yg tidak kompatible.

    Sekarang Laptop hanya bisa diupgrade Hard disk dan Ramnya, sedang Prosesor dan VGA Card jarang sekali bahkan tidak ada yg bisa diganti.

    beberapa tahun lalu sempat ada produsen laptop yg beberapa komponennya bisa diupgrade seperti prosesor, RAM, Hard Disk, jadi bukan hanya RAM dan Harddisk saja. Tapi ini tetap kurang populer karena tetap terbatas upgradenya.

    Sekarang AMD berinovasi dengan menguatkan kinerja Grafis yg terintegrasi kedalam prosesor yg disebut AMD Fusion. Intelpun sudah dari dulu menanamkan vga integrated seperti GMA 3100, tetapi kurang kuat dibanding VGA Integrated AMD.

    bagaimanapun, VGA yg terpisah dari prosesor akan memakan daya lebih sehingga lebih boros batere. Intel memakai pendekatan teknologi Nvidia Optimus, dimana jika laptop bekerja ringan hanya memakai VGA integrated tetapi jika dipakai berat seperti game atau grafis atau rendering foto/video, maka akan dipakai VGA add on seperti Nvidia GT 520 di ASUS U36SD.

    Prosesor Netbook usahakan minimal Intel Atom yg dual core atau AMD Brazos E350 dual core, Ram minimal 2 GB.

    Prosesor Laptop usahakan minimal Intel i5 karena kinerja prosesor Core2Duo dan i3 tidak berbeda jauh.

    Saya sendiri sudah puas dengan kinerja ASUS AMD Brazos E450, 1,65 Ghz dual core, 500 GB HDD, RAM 8GB (2 slot SoDimm), 1 USB 3.0, 2 USB 2.0, port VGA D-Sub dan port HDMI, Batere 6 cell 5200 mAH, Bluetooth 3.0, LCD 12,1 inchi dengan resolusi 1366 X 768.

    Netbook ini tahan dipakai browsing 5,5 jam, nonton film HD 3,75 jam, convert video 2,5 jam, mengetik 6,5 jam.

    benar-benar netbook berkinerja laptop dengan daya tahan lama.

    ~ merah delima ~

    ReplyDelete
  6. brand mind itu apa kak?

    ReplyDelete
  7. mantap gan,
    klo ini kan laptop, lha klo mo pesen pc rakitan utk rumahan kira2 gmn gan? apa aja yg pelu dipertimbangakn?

    ReplyDelete
  8. Hampir sama gan,
    itu jg bisa di jadikan pedoman

    ReplyDelete
  9. Sy sering membuka dan mengetik beberapa file skaligus pd laptop. Sy jg sring browsing berjam2 & download file atau video. Dan krna skrg sy jg lg nyusun skripsi, sy sring mnjalankn program atau aplikasi yg sy buat u/tugas akhir sy. Pertanyaan sy, mn yg sebaikx sy upgrade RAM atau Hardisk agar kinerja laptop sy tdk lambat.???

    Maaf u/prtanyaan yg bodoh ini...

    ReplyDelete
  10. Kalau bisa minimal ram na 4 gb
    Kalau hardisk asalkan tidak penuh dia tak akan mempengaruhi kinerja komputer kok

    ReplyDelete
  11. Sy prnah beli laptop & ternyata cd drivernya tidak ada. Apa mmang tidak semua laptop yg dibeli memiliki cd driver..???

    ReplyDelete
  12. mungkin begitu, gan
    laptop kluaran lama hehe
    ene jg bru tau gan ad laptop yg ga ad cd driver na
    klo bleh tahu merek dan tipe na ap y gan?

    ReplyDelete
  13. thx gan atas penjelasannya,,ane jadi ngerti,,jadi ane kalo nti milih2 laptop bisa kaga ketepu alias ketipu.. :D

    ReplyDelete
  14. saya lagi kesusahan dengan VGA neh,,,, ciberlink yang sy download gak bsa d laptop saya karena g ada VGA nya katanya, tp sebelumnya sy dah pernh pke ciberlink,,,, mhon bantuannta,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di jelaskan g bsa na gmna?
      kalau bisa di kirim aj screen shot eror na kyak gmna?
      krim ke email ane aj radan_stromer@yahoo.co.id

      Delete
  15. Gan laptop sy lg rusak keyboardx & katax mesti diganti. T4 sy menservice laptop ini adalah t4 service center resmi merk laptop sy. Tp hargax 2x lipat dari hrga keyboard yg ada di mall2 atau toko sparepart laptop lainx u/merk & tipe yg sama... Apakah ini krn prbedaan jenis sparepart, ada yg Original & ada yg KW..?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gan,
      itu karena perbedaan jenis sparepart.
      Kemungkinan besar karena masalah originalitas maka na hrga na beda,,
      Tpi ane ga trlalu paham, perbedaan na

      Klo agan mw yg terjamin, tindakan agan ke service center resmi udh tepat,
      cuma klo agan pertimbangkan harga, di luar sana memang bnyak yg lebih murah, namun tidak terjamin

      Delete
  16. tips yang sangat berguna bagi para awamers...

    ReplyDelete
  17. Agan agan senior ,mau tanya ni laptor ane Hdd 640 gb tpi ko ane cek cuma 597 gb?
    mohon pencerahnya agan agan seklain

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu udh biasa,
      kapasitas hardware memang menunjukan angka lebih tinggi daripada kapasitas software,,,,

      Hal ini juga terjadi saat agan beli flasdisk, di kemasan tertulis 4 gb, tpi ketika di cek komputer hanya 3,8 sekian gb.

      Jadi wajar aj gan

      Delete
  18. kalw netbook ttp bsa muter dvd dngan nambh dvd xtrnal/portable+instal driverny
    trus ram sma hardisk yg palng tinggi yg bsa d pke netbook brapa?

    ReplyDelete
  19. artikelnya sangat bermanfaat, makasih banget buat penulisnya. keren dah pokoknya.. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih,
      Senang sekali anda bisa mengambil manfaatnya
      ^_^

      Delete
  20. nanya gan
    kalau asus type X45U posesor AMD gimana cara menggunakan usb 3 nya yg berwarna biru... soalx laptopku setelah d instal driever kok usb 3nya gak mau konek (flasdish gak kebaca) dg os win7 64 bt
    tolong kasih solusi dong.... dan juga apa bisa dg menggunakan os win7 86/32 bt.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk menggunakan usb 3.0, pastikan flasdisknya juga sudah suport teknologi usb 3.0 juga,
      dan untuk windows 32 bit juga sudah mendukung,
      tapi klo menurut ane sih knp ga pake 64 bit aja, kan lebih banyak support pada software.
      klo 32 bit blum tentu semua na bsa support

      Delete
  21. Mau nanya nih gan laptop ana ASUS A43S Core i3
    nih speknya : - Intel Core I3 2310M 2.10Ghz Sandybridge
    - Ram 2GB DDR3
    - HDD 500 GB Sata - LCD 14 LED
    - VGA Nvidia GT 520M - Vram : 1 GB
    apa bisa tu main game berat seperti pes2013 dll.
    mohon pencerahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah bisa gan,
      silahkan tancap aja game na
      ^_^

      Delete
  22. kk aku awam bener ni tentang LP :D
    aku minta tolong penjelasan nya dongs atas spesifikasi ini.
    -AMD E1-1200 APU with radeon(tm) HD graphics 1.40 Ghz
    -RAM 2 GB (DDR3 1066MHZ/2G*1)
    -Type 32 bit
    -VRAM shared
    -HDD 320 GB (5.4 KR SATA )
    -ODD super multi dual layer ( sata )
    -Wired 1 GB LAN
    -Communic 802.11 bgn (1x1)+BT 4.0

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu arti na prosesor na dari merek AMD
      dan saya lihat laptop dengan spek tersebut sudah bagus untuk menunjang aktivitas seperti nge-game, phptoshop, dll.

      Kesimpulannya itu laptop yang bagus deh
      :D

      Delete
  23. makasih kk :)
    tapi software photoshop nya ga bisa dibuka kenapa yaa ? :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada beberapa pengaturan na yang belum disesuaikan,
      Coba di instal ulang lagi phostoshop na

      Delete
  24. mau nanya nih, prossesor mana yg plg bgs i3,i5/i7?
    kelebihannya dimana?
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih bagus i7 gan, ^_^
      Coz untuk prosesor diatas core i3 sudah di lengkapi turbo bost,
      Artinya ada kecepatan tambahan yang disediakan prosesor bila di butuhkan,

      Delete
  25. Kalau spesifikasi laptop sprti d bawah ini, bagus tidak ya?

    Intel Atom N2800 1.8 GHz
    2 GB RAM
    Intel GMA 3150 Graphic
    320 GB
    Windows 7 Starter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu spek yg ckup lumayan untuk Netbook gan,
      Apalagi kalau windows 7 beneran original.
      Sudah cukup bagus gan

      Delete
  26. Thanks banged min,, jdi mulai ngerti ni ane.:)

    ReplyDelete
  27. "Saya sendiri sudah puas dengan kinerja ASUS AMD Brazos E450, 1,65 Ghz dual core, 500 GB HDD, RAM 8GB (2 slot SoDimm), 1 USB 3.0, 2 USB 2.0, port VGA D-Sub dan port HDMI, Batere 6 cell 5200 mAH, Bluetooth 3.0, LCD 12,1 inchi dengan resolusi 1366 X 768." itu ASUS type brp kak?

    ReplyDelete
  28. Thx bwt infonya....
    Nih info bermanfaat bgt bwt Q... :D

    ReplyDelete
  29. mantab gan. makasih banyak. Sangat" bermanfaat.

    ReplyDelete
  30. kalo untuk asus x45u, os yang paling bagus apa ya gan?
    makasih..

    ReplyDelete
  31. gan minta bantuan banget ini gan, saya kuliah ambil IT mau beli laptop yg cocok harga dibawah 4jt apa yaa? Mohon bantuanya gan saya mulai dari NOL ini gan...terimakasih banyak

    ReplyDelete
  32. mantaps jaya gan..thanks tmbhn ilmu'y.,.

    ReplyDelete
  33. τћαηκż (y) ϐϋαηgετż gan info nya..
    Ane mang awam soal spec2 na..
    Goodluck truss...

    ReplyDelete
  34. Prosesor : Intel(R) Celeron(R) CPU 847 @ 1.10GHz (2CPUs), ~1.1GHz ini bagaimana Min . . bagus apa ngga ??

    ReplyDelete
  35. gan klo jenis nvidia geforce yang bagus? gt 635m , gt650m , gt720m, atau gt740m (urutin dr yg terrbagus)
    terus nvidia g720m sama gt720 itu sama aj ka?
    prtnyaan terakhir, grafik gma 4500m itu masuk ke jenis nvidia bkan? maaf kbnykan. mkasih

    ReplyDelete
  36. Saya seorang Mahasiswi, lagi bingung. Beli netbook atau notebook???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli notebook aj, ad notebook merek hp udh dpt harga 3 jta

      Delete
  37. mau nanya ni gan, saya kan ganti RAM laptop saya toshiba satelit C 640 dari 1 GB menjadi 2 GB, apakah tidak berpengaruh pada kinerja prosesor saya yaitu Intel Pentium, apakah prosesor dan RAM nya bisa saling menyesuaikan??

    ReplyDelete
  38. Gan saya punya Asus X45U AMDE450 dengan Spek yang ada di web-web lain. Permasalahannya adalah kenapa ketika saya jalankan PES 2012 kok terkadang prosesnya putus-putus seolah-olah nggak kuat untuk jalanin game tsb. Padahal di review mereka bilang bisa untuk PES 2013, 2014. Apa ada sesuatu yang bisa di maksimalkan sehingga bisa running game tsb tanpa ada kendala.

    Tengkyu....

    ReplyDelete
  39. kalau laptop yg bagus itu dr core nya apa windows nya gan,,

    ReplyDelete
  40. Gan saya seorang guru, saya mau beli laptop yg bisa utk berbagai aplikasi2 sehingga nantinya bisa bekerja dg cepat, spesifikasi yg mana bagus buat saya, mohon penjelasannya,tmksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau bisa semua aplikasi hp pavilion G4 sebenar na sudah cukup.
      Namun bila mempunyai budget di atas 5 juta saran sya pilih yang ber prosesor core i3 dan vga card NVDIA 1 GB,

      Delete
  41. gan laptop ada yang dual vga?
    kalo ada gimana cara liatnya ?
    laptop saya dell N4110 I5-2410m 2.3Hz Vga Intel Graphic Family 3000.
    Mohon bantuanya thanks

    ReplyDelete
  42. Gan mau tanya nih.. sy cma butuh buat bikin tugas tp yg ga lemot kalo lg donlot ato browsing multi tasking gitu.. Kalo pake SVF14212SGW bagus gak?

    ReplyDelete
  43. Mau tanya kang, saya mahasiswi engineering memerlukan laptop yang bisa buat program2 besar, auto cad misalnya. dan tidak mengalami lemod ( kecuali kapasitas tidak memenuhi). budget yang saya miliki 4juta. tolong bantuannya dari jenis laptop dan tipe spesifikasi yang memadai.
    -suwun-

    ReplyDelete
  44. Ane uda beli toshiba qosmio x70! Kw sih, cuma ya mantap kesana kemari, harga asli 28juta kan, ane bli 5jt aja! Emang batreinya ga tahan sih, blikan batrei original uda mantap x ya gan,

    ReplyDelete
  45. thanks gan, infonya bermanfaat banget..
    gan, ane punya notebook yang pake prosesor AMD E1,, kira kira kalo ane gantiin jadi core i3 ato i5 bisa ga gan? tros kalo buat VGAnya? krna ane mo mendalami editing poto, video ama desain...
    makasih.

    ReplyDelete
  46. sippp sangat bermanfaat untuk refernsinya
    http://www.kotacilegon.com/

    ReplyDelete
  47. makasih banget info nya gan.jadi tambah ilmu ane nih

    ReplyDelete
  48. terus berbagi ilmunya gan, insyaalloh bermanfaat. Dan agan jg akan tambah pinter lg klo ilmunya di transfer ke orang lain
    Trims

    ReplyDelete
  49. sy mau tanya gan ; kenapa LP sy cepat panas padahal sdh AMD E2 vision / Radeon Hd 6320

    ReplyDelete
  50. Gan saya mau tanya,amd radeon hd7670m itu cocok gak pakai maen game berat kyk pes13?

    ReplyDelete
  51. manfat banget gan infonya...!!!
    demen gw nih yg kaya ginian...!!!

    klo laptop yang buat GAMMING (udah jadi maksudnya) ada gak tuh???

    ReplyDelete
  52. Gan mohon pencerahan. Laptop sy vaio s series dgn spek Processor intel core i5-2.5 GHz, Ram 4 Giga, dan VGA pakai Nvidia Geforce GT 640 1 G..Nah sekarang2 ini laptop dipakai main PES 2014 kadang2 ngeuleg jadi ga nyaman.. Di setting PESnya Semuanya Good Kecuali Ram yang OK.. Dan Untuk Displaynya saya pakai resolusi 1280x720 (16:19) dengan picture Quality High..Nah agar maennya nyaman lagi apakah cukup menambah ram agar picture quality tetep High atau ada cara lainnya gan???apalagi bentar lg PES 2015 muncul..hehehe..mohon bantuannya gan

    ReplyDelete
  53. info soal laptop ini dibutuhkan banyak orang dan kebetulan blog anda memberikan rekomendasi yang baik, update terus soal ini ini gan ....ditunggu artikel terbarunya

    ReplyDelete
  54. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan gimana sih liat spek kayak ente detail amat

      Delete

Blogger Template by Kerendi Developers