Tags

Panduan membeli Laptop, biar gak nyesel

Banyak dari teman saya punya rencana untuk membeli laptop, namun mereka tidak tahu laptop seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal inilah yang membuat saya perlu membuat arikel tentang Panduan membeli Gadget yang satu ini.

Laptop seperti yang kita tahu, adalah sebuah komputer yang bersifat mobile (bisa dibawa kemanapun). Sekarang laptop merupakan barang yang bisa dibilang hampir wajib dimiliki seseorang. Baik mahasiswa ataupun masyrakat umum lambat laun akan bergantung pada perangkat ini karena perkembangan zaman. Bagi mahasiswa, mereka perlu mengerjakan berbagai tugas kuliah yang butuh referensi dari internet. Akhirnya daripada harus susah payah pergi kewarnet, kebanyakan dari mereka lebih meilih membeli laptop karena lebih praktis.

Dan untuk masyrakat umum,
laptop hampir berperan penting untuk kegiatan mereka di era yang serba digital ini. Walaupun untuk sekarang tidak semua lapisan masayrakat yang membutuhkan perangkat ini, namun dimasa yang akan datang semua kegiatan manusia akan berkembang dan membeli laptop bisa dibilang investasi yang cukup bagus.

Sebelum membeli laptop, anda harus tahu dulu apa alasan untuk membeli perangkat ini. Disini saya membagikan beberapa jenis kebutuhan untuk membantu anda, diantaranya :
  • Untuk memenuhi kebutuhan tugas kantor/kuliah.
  • Untuk memenuhi kebutuhan bermain game.
  • Untuk memenuhi kebutuhan Engineering dan cad untuk anda para arsitek.
  • Untuk kebutuhan Editing Multimedia.
  • Untuk sekedar punya saja (he-he, biar dianggap ga gaptek)
Dari berbagai jenis kebutuhan diatas, kebutuhan laptop untuk bermain game membutuhkan spesifikasi yang tinggi dan harga yang tidak sedikit pula. Jadi anda perlu memersiapkan dana yang cukup untuk membeli laptop tersebut. Namun keuntungannya spesifikasi laptop untuk game kebanyakan bisa disunakan untuk kebutuhan lain. Bisa dibilang laptop untuk kebutuhan ini multifungsi karena memiliki spesifiksi yang cocok untuk semua kebutuhan.

Setelah anda menentukan alasan untuk membeli laptop, kali ini saya akan menjabarkan definisi untuk kategori laptop. Tahukah anda bahwa netbook, notebookadalah jenis perangkat yang berbeda spesifikasinya. Meskipun sama-sama dalam varian laptop, namun banyak orang yang menanggap keduanya sama saja. Padahal tidak demikian. Berikut saya paparkan definisi dari ketiganya.
Kelemahan netbook ialah tidak adanya optical drive
  • Netbook merupakan salah satu varian dari komputer jinjing yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan komunikasi nirkabel dan mengakses internetUkuran perangkat ini berkisar 4.8 inci hingga lebih dari 13 inci, umumnya memiliki berat antara 2 hingga 3 pond (~1 kg) dan biasanya lebih murah dari pada laptop biasa. Kelebihan dari perangkat ini sudah jelas, bentuknya yang kecil dan beratnya yang ringan sangat memudahkan anda untuk dibawa kemana saja. Namun kelemahannya dari segi performa yang kurang optimal. karena rata-rata prosesor yang disisipkan tidak didesain untuk menangani banyak aplikasi. Bisa dibilang agak lemot kalau kita membuka banyak aplikasi. selain itu, netbook tidak punya perangkat optical seperti DVD drive dsb, jadi anda tidak bisa menonton film DVD atau menginstal software dalam bentuk DVD ataupun cd.Untuk netbook mungkin hanya bisa memnuhi kebutuhan kantor atau tugas kuliah yang notabennya tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi. Namun untuk anda yang kebutuhannya tidak menuntut banyak peforma bagus dan sering berpergian, perangkat ini cocok untuk anda beli.
  • Notebook adalah laptop yang menjangkau . Peforma bisa dibilang sudah diatas notebook walaupun memiliki ukuran yang agak besar. Spesifikasinya lebih beragam dibandingkan sebuah netbook. Ditambah lagi, sudah ada perangkat optical drive sehingga anda bisa menonton film DVD ataupun menginstal software berbentuk DVD ataupun CD. Bisa dibilang notebook adalah gadget yang bisa memenuhi semua kebutuhan anda. Untuk anda yang mempunyai dana lebih, bisa mempertimbangkan notebook untuk keperluan anda. Apalagi jika anda tidak sering membawa laptop dan cenderung bekerja didalam rumah. Perangkat ini cocok untuk anda.
Begitulah faktor-faktor yang perlu anda perhatikan sebelum mulai membeli laptop. Setelah anda sudah menentukan alasan untuk membeli dan menentukan jenis laptop apa yang dinginkan, selanjutnya anda dapat memilih kombinasi spesifikasi yang cocok untuk kebutuhan anda.

Untuk memilih laptop berdasrakan spesifikasi akan saya lanjutkan pada artikel berikutnya. Jadi silahkan nantikan artikel berikutnya.

Tetap dirastor 72, tempatnya artikel dan Video IT.


1 comment:

  1. thanks gan info nya bermanfaat
    backlink
    http://artikel-yusuf.blogspot.co.id/2016/05/tips-memilih-dan-membeli-laptop-agar.html
    dan ini
    http://artikel-yusuf.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Blogger Template by Kerendi Developers