Pikir Dahulu Sebelum Beli Netbook

Netbook adalah variasi jenis komputer jinjing yang menawarkan mobilitas dan daya tahan baterai cukup lama. Namun mengorbankan sisi Performa untuk kinerjanya. Memilih Netbook sebagai partner untuk mengerjakan tugas-tugas komputansi menurut saya sangat begitu tanggung. Karena bila menginginkan kemudahan mobilitas, sekarang Tablet PC sudah bisa menjawabnya. Sedangkan bila menginginkan daya tahan baterai yang lama untuk tugas, kenyataanya bila terlalu banyak anda bisa mengerjakan tugas itu di rumah. Sehingga tak perlu berlama-lama waktu diluar ruangan jika tugas yang anda kerjakan memang membutuhkan waktu ekstra.

Memang, tablet tidak nyaman saat diajak mengetik tugas-tugas kuliah atau lainnya. Namun memilih Netbook pun sebagai teman mengetik tidak terlalu
pas juga. Mengingat papan keyboard yang ditawarkan sebuah Netbook begitu kecil sehingga tidak leluasa untuk mengetik. Ditambah lagi performance yang dihadirkan begitu minim dan juga sering nge-hang bila Netbook disuruh menjalankan aplikasi berat. Lagi pula, ada beberapa Tablet PC yang sudah dilengkapi Keyboard tambahan. Baik keyboard kabel maupun nirkabel. 

Pengalaman beberapa teman saya saat menggunakan Netbook memang agak mengecewakan. Karena performance yang seadanya sesuai kemampuan procecor. Banyak wajah teman saya dibuat cemberut karena menunggu proses loading. Perbedaan performance antara keluaran lama dengan seri terbaru tidak terlalu signifikan.Walaupun dengan teknologi procecor Netbook yang terkini.

Karena itu, jika anda berniat untuk membeli Netbook. Coba pertimbangkan beberapa hal yang saya paparkan diatas. Mengingat juga ada rumor bahwa beberapa produsen komputer akan menghentikan produksi laptop jenis Netbook tahun 2013 ini. Seperti Asus yang akan menghentikan produksi seri ee PC.  Langkah Asus sepertinya akan diikuti produsen besar lainnya seperti Acer dan HP. Silahkan baca ini.

Sebenarnya Netbook dirancang khusus untuk mengerjakan tugas ringan dan santai seperti chatting, browsing, e-mail, dsb. Namun tidak cocok bila disuruh mengerjakan pekerjaan berat seperti Photoshop, video editing, dll. Mungkin untuk urusan mengetik, Netbook masih bisa sedikit diandalkan. Namun sayang sekali rasanya kita mempunyai gadget seperti Netbook hanya untuk mengerjakan tugas diatas. Mengingat sebagian besar tugas diatas sudah bisa dikerjakan Tablet PC.

Mungkin saya akan berpikir dua kali sebelum membeli gadget yang satu ini. Mengingat harga jual Netbook akan sangat jatuh dibandingkan dengan tablet PC. Tidak buruk jika anda ingin membeli Netbook, namun fitur yang anda dapatkan akan tanggung. Apalagi tren kedepan gadget satu ini seperti tidak ada harapan. Tentu membeli Netbook merupakan Investasi yang kurang menyenangkan

Membeli Notebook memang lebih mahal. (Baca perbedaan Notebook & Netbook) Namun anda tidak akan menyesal dibelakang hari. Karena itu terjadi pada saya. Saya membeli Notebook Acer Aspire 4741 dengan spesifikasi Procecor Intel i3 2.27 Ghz, dengan raam 2 GB. Sampai sekarang masih cukup tangguh dan bisa diandalkan. Walaupun untuk keperluan game dan video editing kurang masksimal. Tapi untuk pekerjaan lainnya Notebook saya bisa dibilang memuaskan.

Berbeda dengan kondisi teman saya yang sudah membeli Netbook. Meskipun diawal Performa Netbook masih normal. Namun kedepan makin banyak aplikasi tertanam dalam Netbook untuk menunjang aktifitas. Hingga pada akhirnya Netbook teman saya ini tidak mampu menampung semuanya dan sering hang. Karena terbeban memori aplikasi cukup banyak, Netbook teman saya sering mati meskipun tidak mengerjakan tugas Multi Tasking.

Ultra book, komputer generasi terbaru
Bahkan sekarang telah hadir perangkat Gadget yang menggabungkan Performa yang dimiliki Notebook dan Mobilitas yang dimiliki Tablet PC. Itu di sebut dengan Ultrabook. Meskipun sekarang harga Ultrabook masih mahal, namun kedepan perangkat gadget ini pasti akan turun harganya. Kelebihan lain yang dimiliki Ultrabook adalah Instant On. Artinya kita tak perlu menekan tombol power untuk menyalakan Gadget ini. Hanya tinggal membuka Ultrabook, maka otomatis akan menyala.

Sedangkan Netbook? He-he, rasanya jenis gadget ini sebentar lagi akan kehilangan fans setianya

Hmmm.....
Bagaimana dengan saya yang sudah terlanjur beli Netbook? Pilihan ada dua. Pertama menggantinya dengan perangkat gadget lain. Bisa menjualnya atau tukar tambah dengan Notebook Bekas. Karena Notebook walaupun sudah lama dipakai, namun kinerjanya masih memuaskan karena spesifikasinya memadai. Kedua, bila terlalu sayang dan sulit melepaskan sahabat mungil ini. Bisa dengan mengoptimalkan kinerja Netbook dengan semestinya. Kenapa saya bilang semestinya? Karena bila Peforma Netbook dipaksa semaksimal mungkin, tentu hanya buat anda kecewa.

Jadi sudah jelas. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli Netbook. Yang pasti sebuah teknologi pasti akan memasuki masa usang. Dari situlah kita sebagai konsumen harus bijak dalam memilih perangkat penunjang aktivitas. Sebab memilih gadget berdasarkan emosi tanpa landasan logika hanya akan merugikan anda nantinya.

Mungkin sekian yang dapat saya bagikan untuk anda. Bila anda mempunyai pengalaman mengenai Netbook. Silahkan share pengalaman anda melalui kotak komentar. Mungkin komentar anda bisa saya jadikan referensi untuk menulis artikel selanjutnya. Jadi, jangan ragu untuk kemukakan pendapat anda. Siapa tahu Branding anda meningkat karena artikel saya. (Pede habis).

6 comments:

  1. iya kalo dipikir-pikir sih betul juga

    ReplyDelete
  2. Engga juga, pinter-2 pilah & pilih aplikasi yg cocok buat netbook ajalah bro.

    ReplyDelete
  3. Netbook ane acer ferrari f200...gak ada masalah tuch...mungkin betul hrs pilih2....selama bisa liat isi daleman sinetbook dan sesuaikan dg kebutuhan...

    ReplyDelete
  4. hehe
    kebanyakan tmen ane trlalu instal bnyak aplikasi,
    jadi na kinerja na lmbat,,
    knci na sbelum instal software hrus lihat spek min yg di btuhkan

    ReplyDelete
  5. jadi tau lebih banyak ni gan,
    tapi klau udah dibelik baru tau ini infonya ya mau gimana lagi gan.
    http://www.tugaselesai.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, gpp gan,
      di optimalkan aja yg udah ada
      ^_^

      Delete

Blogger Template by Kerendi Developers