13 Hal Terlarang Membuat Website

Angka 13 adalah angka yang mempunyai arti buruk dalam bahasa jepang (apa mandarin yah? :p). Katanya sih mitos angka tiga belas itu akan membuat sial. Begitu juga 13  hal yang akan saya paparkan disini dalam membuat website. Akankah anda mengalami nasib sial? Tidak kalau anda tahu dan mengindari 13 hal terlarang dalam membuat website.

Apa sajakah itu? Silahkan simak yang berikut ini :


  1. 1. Waktu loading home page (halaman utama) website yang lebih dari 8 detik.
    Jika waktu loading website anda terlalu lama. Dijamin nasib buruk akan menimpa website anda karena pengunjung yang tidak betah menunggu waktu loading yang terlalu lama.Oleh karena itu, test dan ukur kecepatan loading website anda mulai dari sekarang dengan kecepatan internet 300 kbps.

  2. 2. Tidak digunakannya tag META.
    Anda tahu tag meta? Yah, itu adalah tag yang membantu search engine dalam mengindeks website anda. Pastikan tag tersebut telah ada pada skrip HTML website anda. Kalau tidak, website anda akan sukar masuk Google dan nasib buruk akan menimpa website anda karena sepi pengunjung dari search engine.

  3. 3. Menggunakan Background yang satu warna dengan tulisan.
    Ini tentu akan membuat sial para pemilik website. Bagaimana tidak? Jika tulisan anda warna hitam dan background anda warna hitam juga (termasuk warna gelap) siapa pengunjung yang akan betah berlama-lama. Sayang sekali jika pengunjung sudah sampai diwebsite anda, tapi malah pergi gara-gara hal itu.

  4. 4. Menggunakan Animasi yang banyak.
    Tujuannya sih untuk memperbagus isi website dengan efek animasi. Namun karena kebanyakan malah bikin sial sendiri. Karena mempengaruhi konsentrasi pengunjung dalam membaca informasi website anda. Sangat disayangkan kalau website anda sedang berjualan baju, namun karena banyak animasinya pengunjung jadi tidak tahu kalau website anda adalah toko online. Dikiranya ajang pertunjukan wayang gratis, he-he

  5. 5. Tidak spesifiknya halaman utama website.
    Kesalahan yang dilakukan orang terlalu banyak menampilkan artikel update dalam halaman utama mereka. Sadarlah, jika pengunjung baru pertama kali ke website anda, dia pasti akan bingung karena melihat artikel berita perusahaan. Pengunjung yang semula tidak tahu apa-apa tentang perkembangan website anda pasti akan pergi. Setidaknya buat satu artikel statis (tetap) sebagai konten utama halaman beranda anda sebagai pengantar pengunjung baru anda untuk mengenali website anda.

  6. 6. Pemasangan Banner iklan lebih dari dua.
    Sama point nomor 4. Terlalu banyak banner juga dapat mempengaruhi konsentrasi pengunjung website. Niatnya sih ingin meningkatkan penghasilan. Tapi sponsor iklan banyak, akan berimbas terbalik pada pengunjung website anda. Apa lagi iklannya memuat konten dewasa, padahal informasi pada website dibaca pada semua kalangan umur. Itu terjadi pada saat saya membuka suatu website di lingkungan masjid. Niatnya sih ingin mencari informasi positif. Tapi karena iklan di web itu huuuuuuu...., akhirnya saya langsung tutup web karena tidak enak. Kalau anda tetap mempertahankan keadaan itu, tinggal menunggu nasib buruk menghampiri website anda.

  7. 7. Banyak link mati. Ibarat kuburan yang banyak tubuh tak bernyawa.
    Serem. Begitupun kalau website anda banyak menampilkan tulisan PAGE NOT FOUND. Pengungjung akan menilai anda tidak profesional dalam mengelola website. Yah, sial lagi.

  8. 8. Menu Navigasi yang terlalu rumit.
    Idealnya navigasi dalam sebuah website itu memuat halaman yang standar saja. Seperti home, profil, produk, galeri, dan kontak misalnya. Kalupun ada penambahan dibuatkan saja drop down dari 5 halaman utama tadi. Kalau semua halaman di tampung pada menu navigasi. Pengunjung akan tersesat dan akhirnya akan meninggalkan website anda karena malu bertanya. He-he

  9. 9. Pemakaian frame dan scrol yang berlebih.
    Kalau bisa tampilkan informasi website anda seringkas mungkin. Jangan terlalu panjang sehingga memaksa orang menatap lama layar monitor. Sangat tidak lucu kalau pengunjung website anda harus ke dokter untuk memeriksa kesehatan matanya. 

  10. 10. Terlalu banyak klik untuk akses kehalaman tertentu.
    Inginnya pengunjung ke halaman kontak kami. Namun karena lupa menempatkannya pada navigasi, akhirnya pengunjung harus bolak-balik mencari link ke halaman kontak. Karena itu, silahkan cek kembali menu navigasi website anda apakah sudah link ke halaman penting.

  11. 11. Pop-up iklan yang menyebalkan. Kalau website penyedia konten bajakan wajar saja kalau pemilik website gencar mencari sponsor iklan agar penghasilannya meningkat. Namun bila website anda menyajikan konten yang baik, terlalu banyak iklan dan Pop-up pasti akan membuat pengunjung kesal. Niatnya ingin membaca artikel anda, tapi tiba-tiba muncul jendela tak terduga dari website anda. Wew, 

  12. 12. Autoplay, sumber kesialan.
    Niatnya sih ingin menyambut pengunjung wesbite dengan video selamat datang. Tapi karena waktu bufferingnya lama, tidak sampai 1 menit pergi deh. Hati-hati kalau anda menyajikan konten video atau musik dalam website anda. Pastikan fitur Autoplay sudah di nonaktifkan. Sebab kalau tidak otomatis akan terjadi efek buffering kalau koneksi internet pengunjung itu lambat.

  13. 13. Tidak pernah update.
    Hati-hati yah, jarang saja sudah tidak bagus. Apalagi tidak pernah. Oleh kerena itu sebelum nasib buruk menghampiri website anda. Segera perbarui konten website anda.
Itulah 13 hal terlarang yang dapat anda hindari. Inti dari artikel ini buatlah pengunjung website senyaman mungkin. Website tak perlu terlalu banyak fitur. Biarpun sederhana namun tetap enak dipandang. Contohlah blog yang sedang anda baca ini dalam hal penyajian konten. He-he.....

Semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat. Bila anda ingin beronsultasi atau sharing tentang website, silahkan hubungi saya melalui e-mail. Saya sangat senang tentunya bisa membantu anda.

3 comments:

  1. pop up iklan itu memang sangat menyebalkan saya sendiri memang tidak suka kalau sudah muncul pop up tidak jelas,, update juga itu hal paling terpenting supaya kita dianggap tetap hidup,, nice info banget nih,, sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan,
      semoga saja website kita tidak kena nasib sial seperti itu,
      Thx gan atas kunjungannya
      ^_^

      Delete
    2. iya semoga website kita hidup terus ya gan haha iya terima kasih kembali..

      Delete

Blogger Template by Kerendi Developers