Tags

Berkenalan Dengan CMS (pengertian dasar)

Pernakah anda membuat sebuah website? Tahukah anda sekarang untuk membuat sebuah website adalah pekerjaan yang cukup mudah. Dahulu untuk membuat website anda harus menuliskan sebuah kode hanya untuk menata letak gambar. Sangat tidak praktiskan dan membuang banyak waktu. Kreativitas anda jadi lumpuh karena harus mempelajari hal teknis seperti itu.

Namun sekarang telah hadir sebuah software inovatif untuk mempermudah pekerjaan anda dalam menata isi website. Software itu di sebut dengan CMS (content management sistem). Berkat software ini, anda tidak perlu menuliskan sebuah Kode pemograman web untuk mengatur tampilan website anda. Sehingga membuat pekerjaan anda dalam mengelola website menjadi lebih praktis.




Apa itu CMS?
CMS adalah sebuah software yang berguna untuk  mengelola content (isi) dari sebuah website. CMS sendiri terbagi dalam dua jenis. Ada yang bersifat berbayar (Closed-source) dan ada yang bersifat Gratis (open-source). Saat ini terdapat banyak merek CMS yang beredar di internet. Namun yang paling terkenal adalah CMS Joomla dan Wordpress. dan kedua merek tersebut bersifat open-source (gratis).


CMS juga bisa digunakan untuk membuat sebuah website secara instant. Dengan CMS, anda tidak perlu menghapal sebuah kode HTML, PHP, atau lainnya untuk membuat sebuah website. Karena semua sudah diatur secara otomatis oleh CMS. Yang anda lakukan cukup menginstal CMS ke hosting anda. Setelah diinstal, anda dapat menjalankan aplikasi CMS ini lewat halaman administrator.

Bahkan kelebihan CMS bisa dinstal secara offline, sehingga anda dapat dengan leluasa merancang desainnya dahulu sebelum website dipublikasikan. Aplikasi CMS bisa dijalankan melalui sebuah browser. Jadi minimal anda harus menginstal browser sebelum bisa menjalankan CMS. 

CMS sangat mudah dipelajari. Anda tidak akan menemukan kesulitan karena kian hari, CMS semakin berinovasi membuat aplikasinya semakin mudah dijalankan. Belajar CMS tidak memerlukan waktu lama dan anda dapat belajar secara otodidak.

Anda yang pemula pun akan sangat mudah jika ingin membuat sebuah website dinamis. Ini adalah langkah awal anda yang ingin mempelajari dunia web developers. Dan untuk para pebisnis pun kehadiran software ini tentu akan membantu kegiatan bisnisnya. Karena tentu akan menghemat biaya bila bisa membuat website sendiri tanpa perlu menyewa jasa web developers.

CMS juga merupakan sebuah alat untuk mencari rezeki. Kenapa bisa begitu? Yah, karena kemudahan yang diberikan software tersebut membuat para masyarakat awam dapat membuat website dalam waktu singkat. Hal ini justru membuat suatu peluang untuk orang yang peka terhadap kesempatan.

Kehadiran CMS sendiri bukanlah menjadi sebuah ancaman untuk para web developers. Malah itu akan  memudahkan para web developers untuk memproduksi banyak desain web dalam waktu singkat. Banyak para pengembang website yang memanfaatkan CMS untuk mempermudah pekerjaan mereka.

Jadi website apa saja yang bisa saya buat dengan bantuan CMS?
Anda bisa membuat beragam jenis website dengan bantuan CMS. Bahkan anda dapat menyelesaikannya dengan cepat dan mudah. Saya tekankan lagi dengan CEPAT dan MUDAH. Cepat karena karena dengan CMS anda tidak perlu menuliskan kode pemograman web untuk mengelola isi website. Mudah karena untuk anda yang pemula tidak perlu memiliki pengetahuan tentang kode HTML. Berikut contoh website yang bisa anda buat dengan CMS :
  1. Website Pribadi
  2. Website perusahaan
  3. Website Komunitas
  4. Website Toko Online
  5. Website Jejaring Sosial
Bagaimana? Apakah anda tertarik membuat website sendiri. Dengan kehadiran CMS anda tidak perlu menyewa jasa pembuatan website. Sehingga anda dapat menekan biaya pembuatan website. Begitu mudahnya membuat website dengan CMS, sehingga untuk anda yang pemula tidak perlu memperlajari dasar pemograman web yang ribet.

Merek CMS yang populer sekarang ini adalah Joomla dan Wordpress. Kedua CMS itu yang paling banyak dipakai akhir-akhir ini. Mana yang lebih bagus? Tergantung spesifikasi masing-masing. Maksud saya kedua CMS diatas punya kelebihan masing-masing. Tentu yang paling bagus adalah yang bisa memenuhi kebutuhan anda.
Maaf!! Yang tengah tidak termasuk CMS   ^_^


Mohon doanya agar diterima!
Jika anda ingin belajar lebih jauh tentang CMS, anda bisa menunggu buku saya terbit. Sekarang saya sedang menuliskan proprosal ke salah satu penerbit. Buku yang saya tulis menggunakan bahasa yang simple dan tidak berbelit. Anda bisa belajar CMS secara otodidak dengan bantuan buku ini. Di buku ini anda akan dituntun bagaimana mencari rezeki setelah belajar CMS. Penulis menjamin selama pembelajaran, satu-satunya biaya yang anda keluarkan hanyalah membeli buku ini. kenapa bisa begitu? Karena dalam buku ini penulis akan membeberkan rahasia membuat website gratis dari Rp 0.
Mohon doanya semoga proposal buku saya diterima penerbit, ^_^ (Promosi terselubung)

Oke, sekian yang dapat saya jelaskan. Tapi jangan terburu-buru menutup halaman ini. Saya ingin bertanya apakah anda punya pertanyaan tentang CMS? Jangan malu-malu bertanya.
^_^

5 comments:

  1. bisakah membeli (via transfer rekening)soft copy buku panduannya? biar saya bisa baca di tablet.

    ReplyDelete
  2. Bisa gan,
    nanti saya buatkan dulu panduannya.
    :D

    ReplyDelete
  3. Oya saya juga mau deh soft copynya sama no rek buat transfer uangnya bisa diinfokan kesaya di denishza@gmail.com

    Terima kasih
    -denishza-

    ReplyDelete
  4. Mas bole tau rsensi dari buku tersebut? Apa saja yang diajarka dalam buku tersebut.. Jika hanyak fokus ke wordpress atau pun zoomla saya berminat dan ingin soft copy nya saja... Tolong dikabari mas ke rudyf2f@gmail.com

    ReplyDelete
  5. terimakasih sob, sangat membantu bagi pemula seperti saya..

    ReplyDelete

Blogger Template by Kerendi Developers