Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Harga Website Anda

Pada beberapa waktu yang lalu, saya sempat menulis artikel yang berjudul Bagaimana Menentukan Tarif Jasa Anda? (web Programer) yang membahas strategi dalam bernegoisasi dengan Klien. Bagi Anda yang sudah membaca artikel tersebut, tentu sudah tahu hal apa saja yang perlu di lakukan agar Anda mendapatkan tawaran harga yang sesuai dengan klien.
Selanjutnya pada artikel kali ini saya akan menjelaskan beberapa faktor yang turut memperngaruhi harga jasa Anda. Perlu di ketahui bahwa kita bisa saja menawarkan harga yang berbeda dengan fitur yang sama tergantung pada kondisinya seperti apa.
Bagi para Web Developer yang telah bekerja pada sebuah perusahaan tentu tidak usang bingung memikirkan hal ini, namun bagi para Developer Freelance yang harus mencari sendiri proyeknya maka hal ini mungkin bisa bermanfaat.
  • Bonafiditas Perusahaan
Pertimbangan utama dalam menentukan harga bisa dilihat dari potensi perusahaan yang kita tawarkan. Apakah ia adalah perusahaan besar, skala menengah, atau kecil. Harga yang Anda tawarkan dalam proposal dapat disesuaikan dengan perusahaan tersebut. Bonafiditas sebuah perusahaan dapat dilihat dari nama perusahaan, jumlah karyawan, ataupun megah atau tidaknya kantor yang ditempatinya.

  • Urgensitas
Biasanya, bila seseorang membutuhkan sesuatu dalam keadaan mendesak, ia akan rela mengeluarkan “uang lebih” agar kebutuhannya terpenuhi. Hal ini dapat dijadikan ukuran kita dalam mematok harga agak tinggi dari standar. Karena urgensitas yang diminta klien membuat kita bekerja lembur untuk dapat menyelesaikan proyek sesingkat mungkin.

  • Kompetitor
Banyaknya kompetitor yang ada, tentunya turut menentukan harga. Makin banyak kompetitor biasanya harga yang ditawarkan dalam sebuah tender proyek akan semakin rendah. Bersainglah dengan sehat. Namun, bila Anda harus menawar dengan harga terendah, pertimbangkan juga biaya yang akan dikeluarkan dalam pembuatannya, jangan sampai besar pasak dari pada tiang.

  • Jenis Institusi
Institusi pendidikan, yayasan sosial, pemerintah, pribadi, atau swasta. Adalah hal lain yang juga dapat menjadi pertimbangan Anda. Masing-masing tentunya memiliki keinginan tersendiri yang membuat harga akan tinggi atau lebih rendah.



Sebenarnya masih terdapat pertimbangan-pertimbangan lain dalam menentukan harga yang bagi klien, namun hal-hal diatas adalah hal yang sering kita jumpai dalam menawarkan jasa Anda kepada sebuah institusi atau perusahaan. Semakin tinggi harga yang Anda dapatkan, maka semakin besar tanggungjawab moral Anda untuk dapat memberikan kualitas kerja dan kepuasan bagi klien.

1 comment:

  1. thanks gan
    backlink
    http://artikel-yusuf.blogspot.com/2016/05/tips-memilih-dan-membeli-laptop-agar.html
    dan ini
    http://artikel-yusuf.blogspot.com

    ReplyDelete

Blogger Template by Kerendi Developers