Tags

Filezilla, benar-benar gila

Yah, Filezilla. Jika anda pernah membaca buku saya, Kreatif Membuat Website Profesional. Anda akan tahu bahwa Filezilla adalah software yang sangat berguna dalam pembuatan website. Kelebihan Software ini adalah begitu ringan dalam pengoperasiannya. Sehingga tidak salah bukan kalu penulis mnyertakan Software ini kedalam bonus CD buku. (pilihan penulis memang selalu tepat) ^_^

Artikel ini saya buat untuk membantu para pembaca setia buku saya. Ada email dari salah satu pembaca saya yang isinya dia merasa bingung ketika berhadapan dengan software FTP ini. Berikut adalah kutipan emailnya.


Terima kasih kepada pak Ferry karena telah mengirim pertanyaan ini. Semoga jawaban yang saya berikan bisa berguna untuk anda dan orang lain. Lah, mana jawabannya? hehe!! Sebelum anda menjadi gila karena trouble diatas, ada baiknya anda melihat tulisan berikut ini.

Masalah diatas itu disebabkan oleh beberapa faktor, sehingga Filezila tidak dapat tersambung ke server webhosting anda. Maka dari itu tentu anda sebagai calon webmaster yang handal harus memeriksa beberapa faktor. Apa saja faktor-faktor yang bisa membuat Filezilla tidak konek ke server?

Ada beberapa point yang perlu diperhatikan yaitu :
  • untuk pengisian data alamat website pada nama host/mesin  filezilla, pastikan tidak mengikutsertakan  http://  data alamat websitenya. 
  • alternatif pengisian data alamat websitenya bisa anda isi dengan hostname ftp sementara yang anda dapatkan lewat email dari hosting. Silahkan lihat gambar 3.18 pada buku saya untuk lebih jelasnya. 
  • Jika pengisian dengan data alamat website tidak berhasil, coba isi dengan nama server seperti gambar ilustrasi karena pengisian host/mesin pada filezilla bisa di isi oleh nama website ataupun nama server, silahkan pilih salah satu.
  • Untuk isian username pada filezilla pastikan sudah sesuai dengan username ftp anda pada hosting. Contoh username bisa anda lihat juga pada gambar ilustrasi dibawah.
  • INGAT!!! Dibuku saya membahas tentang cara menyingkat domain yang diberikan hosting agar mudah diingat pengunjung dengan menggunakan layanan .tk. Janganlah menggunakan domain .tk sebagai inputan Hostname pada Filezilla. Tetap gunakan domain yang diberikan hosting untuk inputan Hostnamenya. Jika tidak maka akan error lagi
  • Jika kedua isian diatas sudah benar, terakhir pastikan password ftp anda juga sudah benar. 
Untuk meyakinkan apakah sudah benar atau tidak data yang anda inputkan (Hostname, User, Password), anda bisa mengacu pada informasi akun pada hosting. Nah, anda yang pernah membaca buku saya pasti sudah sring melihat penampakan gambar dibawah ini, 



Lupa caranya? Anda tinggal login ke www.hosting-maantap.tk, lalu klik tab Kontrol Panel, dilanjutkan dengan mengklik tombol Beralih. informasi akun diatas bisa anda lihat pada bagian kiri halaman Cpanel Hosting seperti gambar diatas.

Nah, beigitulah cara mengidentifikasi kesalahan error pada Filezilla. Anda sebagai calon webmaster pasti dapat dengan mudah mengatasinya. Dan semoga anda tidak menjadi gila karena error yang disebabkan Filezilla. He-he!!

Jelas, untuk menjadi webmaster yang handal jangan pernah menyerah pada suatu masalah. Selalu ada jalan keluar disetiap masalah. Dan selalu ada orang-orang yang telah dipersiapkan tuhan untuk membantu anda memecahkan masalah. Seperti saya ^_^.

Jika ada masalah tentang pembuatan website, silahkan bertanya kepada saya. Dengan senang hati saya akan menjawab.

Oh iya, bagi anda pengunjung baru blog ini atau belum membaca buku saya. Mungkin dalam hati anda bertanya-tanya artikel apakah ini? Jika ingin tahu apa yang dimaksud dengan Filezilla, alangkah sangat baik anda mulai membaca buku perdana saya yang sebentar lagi akan menjadi Best seller Nasional. (pede habiz)






2 comments:

  1. Terimakasih boss,,,, postingnya sangat berguna bagi saya... Thank you....

    ReplyDelete

Blogger Template by Kerendi Developers