Tags

Membuat Template Blogger dengan Artisteer

Asah kemampuanmu, jangan merasa puas dengan pencapaianmu saat ini. Selalu tingkatkan lagi dan lagi. Itulah moto manusia yang berguna. Tidak berhenti berinovasi walau prestasi sudah tinggi.

Begitupun saya dalam menulis artikel ini. Tak lelah rasanya menguapas Software pembuat desain web ini. Yah, Artisteer adalah sebuah keajaiban bagi saya. Masih banyak potensi yang belum saya temukan lewat Software ini. Namun sedikit demi sedikit saya mulai mengetahui bagaimana mengoptimalkan software ini.
Akhirnya saya bisa mempersembahkan artikel ini kepada anda. Sebagai buah pengalaman atas eksperimen saya terhadap Software ini.

Selain bisa membuat Template Joomla dan Wordpress, Artisteer juga mampu membuat template Blogger yang berekstensi XHTML. Begitu praktis bagi anda yang ingin membuat desain blog sendiri dengan mudah dan cepat. Karena prosesnya juga tidak terlalu lama dan tidak membutuhkan kemampuan pemograman.

Jika anda pernah membaca buku "Kreatif Membuat Website Profesional", maka langkah pembuatan Template Blogger tidak jauh berbeda dengan membuat Template Joomla maupun Wordpress. Karena keterbatasan ruang dan waktu penulis (sudah mulai sibuk ^_^), maka artikel ini langsung membahas intinya saja. 

Hanya saja, untuk membuat Template Blogger terlebih dahulu anda harus menyiapkan akun Blogger beserta Blog yang sudah dibuat. Jika anda belum mempunyai blog di Blogger, silahkan anda mendaftar terlebih dahulu ke layanan blogger.com. Setelah mendaftar, silahkan anda buat blog asal jadi saja (kan buat percobaan ini ^_^). Penulis menganggap anda sudah paham yah cara membuat blog di Blogger. Kalau belum silahkan cari tahu infonya di Paman Google.

Oke para webmaster, Penulis menganggap anda sudah mempunyai blog serta bisa menginstal dan menjalankan Software Artisteer. Jika anda belum mengerti dasar penggunaan Software ini, silahkan membaca buku saya yang berjudul "Kreatif Membuat Website Profesional" terbitan Elex Media Komputindo. Saat ini sudah tersedia diseluruh toko buku. ^_^

Oh iya, pastikan anda telah terhubung dengan internet. Karena templatenya akan langsung di ekspor ke blogger anda. Jadi koneksi Internet sangat dibutuhkan.

Saya akan pandu anda dari cara mengekspor hasil desain yang anda buat ke format XHTML Blogger. Disini saya sudah menyelesaikan desain dan siap di ekspor ke Blogger, berikut penampakan dari desain yang saya buat

Untuk mengekspor, langsung saja anda klik tombol yang saya lingkari pada gambar diatas. PERLU DIPERHATIKAN YAH. yang anda klik adalah tanda panahnya, sehingga akan keluar menu dropdown seperi ini :
Lalu pilih tulisan Blogger.com seperti gambar yang saya lingkari diatas. Kemudian akan keluar kota dialog seperti ini.
Silahkan masukan Username dan Password Blogger anda. Lalu pada bagian Blog, silahkan pilih blog tempat desain akan di terapkan. Dalam kasus ini saya mempunyai empat blog, dan memilih blog PERSONAL PROFILE. Jika anda hanya mempunyai satu blog, maka menu dropdown tersebut tidak akan berfungsi.

Selanjutnya klik tombol Publish,   dan silahkan menunggu ^_^
Setelah proses selesai, akan tampil jendela pemberitahuan seperti ini.
Selamat, Template Anda berhasil di ekspor ke Blogger. Silahkan langsung melihat hasilnya dengan mengklik tulisan biru pada kotak dialog Publishing diatas. Bukan gambar yang ini yah, hehe 

Dan ini hasil template buatan saya 

Haha,
Oke para sesama Webmaster, sekian sepotong pengetahuan dari saya. Semoga apa yang saya sharingkan ini dapat berguna untuk anda. Oh iya, jika anda mengalami kendala selama menjalankan panduan ini. Silahkan ajukan pertanyaan anda pada kotak komentar.

Dan bagi para Webmaster yang lebih berpengalaman dalam hal ini, saya tentu sangat mengharapkan saran dari anda. Maklum, saya baru pemula dan banyak hal yang perlu diperbaiki. 

Oke, sebelum meninggalkan halaman ini. Satu lagi pertanyaan dari saya, menurut anda siapakah yang membuat template diatas? ^_^



9 comments:

  1. saya mau tanya ne .. cara nyimpen templatnya gmana bg.. saya kan perlu berfikir matang matang dalam membuat desain web saya jadi gak bisa langsung selesai harus ada inspirasinya jadi ketika ane simpan gak bisa bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, itu kelemahannya artisteer.
      Tidak bisa di save,
      Sampai skearang ane blum nemuin caranya

      Mau tidak mau, agan harus membeli software premiumnya seharga 4 juta.
      He-he, kayakna emank ga direstui kalo mw membajak software

      :D

      Delete
    2. wah kalo harga softwarenya semahal itu mending pakai yang ada saja haha lumayan mengirit. :D

      Delete
  2. Saya hanya ingin mengulang komentar, saya coba install Artisteer dari CD, kebetulan saya beli bukunya "Kreatif membuat Website Profesional", tapi saat ini belum berfhasil installnya, krn setiap mau install selalu muncul perintah supaya download N install .NETFramework dan WIC-32bit padahal ke-2nya (.NETFramework dan WIC-32bit sudah sy download dan install), tetapi muncul perintah tsb. setiap mau install apa ada cara lain, atau karena pengaruh browser yg saya pakai?

    ReplyDelete
  3. hmmm,
    sebenarnya tidak ada pengaruh juga dengan browser. mungkin ada beberapa konfigurasi yang harus diatur.
    begini saja, saya telah mengirim kontak saya via email. mungkin anda bisa berkonsultasi langsung lewat situ. Soalnya kalau via komentar ini takut lama balasnya. hehe

    Terima kasih

    ReplyDelete
  4. bos, di CD gratisan dari buku kan ada Artisteer.v4.. aku install tapi g ada joomlanya... sedangkan yg di buku itu ditulis pake Artisteer v.3... gimana ni bos... kasi pencerahannya bos.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, artisteer v4 untuk edisi home edition udh ga suport joomla lg.
      Di cd bonus yg ane lampirkan itu artisteer versi trial
      mau ga mw agan mesti membeli software original na utk dpt support penuh

      Delete
  5. gan, saat posting blog kok tulisan jadi tidak ada enternya ya? luruuuuuus seperti kereta sampai nabrak scroll bar :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gan, ane juga :(

      pengaturan untuk kontennya masih kurang :o

      Delete

Blogger Template by Kerendi Developers