Tags

Keajaiban Fungsi Suggest Artisteer

Dalam buku saya "Kreatif Membuat Website Profesional" telah dijelaskan tentang Artisteer. Software pembuat desain website ini memang sangat bisa diandalkan. Sampai sekarang Software ini telah mencapai versi empat. Dengan tampilan muka yang berbeda dari versi tiga.

Karena dibuku saya hanya menjelaskan sekilas tentang Artisteer. Maka pada artikel kali ini dengan senang hati saya bermaksud untuk membahas lebih dalam tentang fitur yang disediakan Software ini. Semoga dengan adanya artikel ini, pembaca setia buku saya dapat mengganti tampilan default website CMS mereka.


Langkah pertama silahkan anda buka Program Artisteernya. Berbeda dengan versi tiga sebelumnya, dimana kita menentukan dahulu template jenis apa yang ingin kita buat. Di versi empat sekarang, anda akan melihat perbedaan pada jendela New Project. Dimana anda dapat langsung menentukan ingin memilih desain polos  (Blank) atau desain yang sudah jadi (Templates) yang disediakan Artisteer.


Saran saya anda dapat melihat-lihat dahulu desain yang sudah jadi. Kelebihannya jika anda hanya perlu mengedit sedikit tampilan desain jadi. Disinilah kita sudah bermain dengan kreativitas. Sebagai Webmaster, anda harus bisa membayangkan seperti apa desain akhir yang akan di buat. Sehingga mempermudah dalam proses pembuatan desain. Sebagai pemula sih ada baiknya juga memilih Templates karena tidak perlu dipusingkan membuat desain dari nol.

Jika desain jadi yang disediakan dirasa tidak ada yang cocok. Anda dapat memilih Blank desain untuk membuatnya dari awal. Ini ibarat kanvas kosong yang digunakan pelukis. Mungkin bagi anda yang ingin membuat desain yang benar-benar orisinil dari otak anda. Silahkan pilih opsi ini.

Oke, dengan anggapan memilih desain polos (Blank), maka akan terlihat tampilan seperti dibawah ini.


Perhatikan pada tab Home, ada berbagai banyak fungsi Suggest. Fungsi Suggest sendiri berguna untuk membantu Anda dalam membuat desain. Ibaratnya fungsi desain ini seperti sekretaris pribadi yang membantu anda menunjukan beberapa saran desain.

Coba deh Anda klik Suggest Design. Maka dengan sendirinya desain Template yang tadinya Blank akan berubah menjadi Desain yang berbeda. Bila anda klik Suggest Design sekali lagi, maka tampilan desainnya pun secara keseluruhan akan berubah lagi. Begitu juga seterusnya.

Selain tombol Suggest Design, masih banyak tombol-tombol Suggest yang dapat anda coba. Yakni Suggest Color, Suggest Fonts, Suggest Layout, Suggest Background, Suggest Header, dan Suggest Images. 


Fungsi dari tombol-tombol Suggest tadi sama seperti Suggest Design. Bedanya kalau Suggset Design untuk memberi saran tampilan Desain secara keseluruhan. Sedangkan enam Suggest tadi fungsinya lebih spesifik, hanya memberikan saran Desain untuk elemen tertentu saja.

Contoh, bila anda sudah menemukan Desain template yang sesuai melalui Suggest Design. Namun hanya merasa kurang cocok pada bagian Headernya. Maka yang anda lakukan cukup meng-klik tombol Suggest Header. Maka tampilan header akan berubah. Begitu juga pada elemen yang lain.

Hehe, jadi lebih simpel bukan. Itulah keajaiban Fungsi Suggest pada Artisteer. Ini berguna jika anda merasa mentok dan tidak punya inspirasi dalam membuat desain. Semoga dengan fitur ini, anda bisa mendapat inspirasi dengan mudah. Benar kan,,, SELALU ADA CARA UNTUK ORANG KREATIF.

Namun jangan terlalu mengandalkan fungsi Suggest. Sebagai Webmaster Profesional kita menggunakan Suggest Design hanya untuk mempermudah pekerjaan kita. Bukan untuk menyelesaikan pekerjaan kita yah. Suggest Design tidak sepenuhnya bisa diandalkan. Kalupun kita menemukan Desain yang sangat cocok lewat Suggest Design, itupun hanya kebetulan. Sebagai orang kreatif, kita patut mengedit lebih jauh Template yang dihasilkan Suggest Design. Agar template yang dibuat benar-benar hasil kreatiftas kita.

Jadi jangan berhenti menghasilkan desain yang lebih inovatif. 

9 comments:

  1. Halo sob, biasa kunjungan rutin. Boleh juga neh pengen nyoba

    Promo blog baru sob http://forexijo.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke gan,
      thx atas kunjungannya
      silahkan dicoba software na
      klo bsa beli buku na jg
      ^_^

      Delete
  2. saya dah beli buku nya mas .. di dalam CD nya gak mas sertakan crack nya , jadi sulit utk save nya .. asik error ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada gan crack na,
      cuma cari di Google gan,

      ga mungkin juga kalo saya sertakan pada CD.
      Pihak pnerbit jadi marah2 nanti na,
      soal na itu pembajakan gan

      hehe

      Delete
  3. bisa di bantu gak nyari nya gan -.-
    saya ada dapat crack nya tapi gak support buat joomla jadi nya tu artisteer
    yang ad cuman buat wordpress , blogger .. tu aja -.-
    plis upload k mediafire or web storage yg lain donk ..
    helppp

    ReplyDelete
  4. karena crack nya cuman unlock home edition , buka nya standard edition ..
    di home edition , file artisteer nya gak bisa di upload ke joomla ..
    makanya dari tadi saya cari ngak dapat2

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. buat agan vincent,
      sebenarnya saya juga sudah mencari crak na, tapi sama seperti yg agan alami, crak na itu cuma berhasil buat versi home edition,,

      sepertinya pihak artisteer benar2 melindungi produk mereka dari aksi pembajakan,

      yah kalo sudah begini mau gmna lagi,
      lagi pula kalo terus di paksakan tidak etis juga kan...
      ^_^

      Semangat gan, ane disini juga lagi belajar cara membuat template joomla secara manual.

      Sya percaya agan bisa dan selalu ada jalan untuk belajar dan berkarya tanpa harus membajak produk pihak lain,

      Sama-sama belajar,

      Delete

Blogger Template by Kerendi Developers